BEM Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

TENTANG KAMI
BEM FH UNPAD

Kabinet Kriya Abyakta

KRIYA ABYAKTA

Kriya, yang memiliki akar kata dari bahasa Sansekerta yang bermakna mencipta dan berkarya, menjadi esensi yang kami yakini. Dalam visi kami, BEM FH Unpad 2024 diharapkan untuk tidak hanya menjalankan fungsi-fungsi yang telah ditetapkan, seperti pengabdian, pengaderan, pelayanan, dan pergerakan, tetapi juga terus menghasilkan karya yang bermanfaat dan memiliki makna yang mendalam. Kami meyakini bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh BEM FH Unpad 2024 harus menjadi sebuah karya yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi KMFH dan masyarakat di sekitarnya.  

 Dicantumkannya nama Abyakta diharapkan dapat merangkum esensi utama dari salah satu nilai yang akan dibawakan.

Yakni, progresivitas, dengan menekankan pada arah menuju perkembangan yang berkelanjutan. Bagi BEM FH Unpad 2024, penempatan nama Abyakta ini akan mengarah pada komitmen terhadap kemajuan yang berkelanjutan dalam memberikan harmoni antara manfaat dan nilai yang berkesinambungan. Kesinambungan dalam pengabdian, pelayanan, pengembangan kapasitas, serta pergerakan menjadi pondasi utama yang diupayakan untuk dicapai secara berkelanjutan dalam perkembangan BEM FH Unpad 2024.

Visi

 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran sebagai jembatan dengan corak partisipatif, egaliter, dan berkelanjutan dalam menebar kebermanfaatan dan pengembangan bagi KMFH, masyarakat, dan lingkungan.

Misi

Student Welfare Governance

Menjamin kesejahteraan mahasiswa melalui konsep tata kelola kemahasiswaan yang baik dan profesional dengan menjunjung tinggi konsep Good Student Governance Strategi.

Data Driven Culture

Menyempurnakan proses penggunaan media riset dan data sebagai basis dari gerakan organisasi dalam melangsungkan proses pelayanan kepada KMFH, masyarakat, dan lingkungan.

Self Development through Organization

Memberikan ruang yang sama, aman, dan nyaman kepada seluruh anggota BEM FH Unpad dalam memberikan pengalaman serta pengetahuan guna menghadirkan kebermanfaatan selama tergabung dalam kepengurusan BEM FH Unpad

Sustainable Movement

Mewujudkan gerakan yang berbasis kepada pengetahuan, intelegensia, empati, sense of justice, solidaritas, dan kepercayaan guna mencapai gerakan yang berkelanjutan dalam menyikapi isu hukum, sosial, politik dan lingkungan.

Nilai Nilai

Egaliter

Setiap inisiatif atau upaya yang dijalankan oleh organisasi harus terfokus pada prinsip kesetaraan dalam memberikan manfaat serta makna yang berkelanjutan kepada seluruh individu, tanpa memandang perbedaan dalam dimensi agama, politik, ekonomi, sosial, atau budaya.

Progresif

Komitmen terhadap kemajuan yang berkelanjutan dalam memberikan harmoni antara manfaat dan nilai yang berkesinambungan.

Integritas

Pedoman bagi setiap fungsionaris untuk bertindak dengan keberanian dan tanggung jawab.

Mega Proker

Kolaborasi FH Unpad

Ketika kita berbicara tentang masa orientasi mahasiswa baru, pikiran kita akan selalu tertuju kepada yang namanya OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Ospek merupakan masa dimana setiap mahasiswa baru yang memasuki kampus akan melaksanakan masa pengenalan untuk mengenal lingkungan kampusnya. Seringkali, ketika kita membicarakan tentang ospek, pikiran yang timbul pada setiap orang adalah kekerasan dan berbagai bentuk “plonco” yang dilakukan senior di kampus terhadap mahasiswa yang baru. Mahasiswa FH Unpad memandang ini sebagai suatu hal yang “kuno” dan harus berubah. Dari sinilah terbit yang namanya Kolaborasi FH Unpad

Kolaborasi FH Unpad adalah masa pengenalan kepada mahasiswa baru yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus baik secara akademik maupun non akademik. Selama proses Kolaborasi, tidak ada sama sekali unsur kekerasan fisik maupun verbal. Hal ini pun dipertegas dengan adanya Peraturan Mahasiswa FH Unpad yang mengatur khusus tentang hal ini. Dalam proses ospek di FH Unpad, mahasiswa baru melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai yang sifatnya prinsip dan fundamental yang akan membekali perjalanan mereka di kampus hingga mereka lulus. Skema perkuliahan, organisasi mahasiswa, alumni, prospek kerja, inilah hal-hal yang dikenalkan kepada mahasiswa baru. Melalui Kolaborasi, mahasiswa baru diharapkan dapat memiliki fondasi yang kuat untuk berkuliah dan bahkan sampai bekerja nanti. Kolaborasi FH Unpad berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Dalam kurun waktu tersebut, mahasiswa baru akan mengikuti berbagai rangkaian dan mengerjakan beberapa tugas untuk menyokong dan menjadi wadah untuk menanamkan nilai. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa rangkaian yang ada di Kolaborasi FH Unpad 2024:

1. Orientasi Keluarga Mahasiswa Baru (OKMB):

Rangkaian ini merupakan pengawalan dan pembukaan terhadap proses pengenalan terhadap mahasiswa baru. Pada rangkaian ini, terdapat sidang dekanat yang dilakukan secara formal untuk menandakan bahwa tahun ajaran baru dan masa orientasi telah dimulai. Pada rangkaian ini juga, mahasiswa baru disambut oleh seluruh struktural dosen dan panitia ospek. Mahasiswa baru juga melakukan Fakultas Hukum Tour yang dimana mereka akan keliling Fakultas Hukum Unpad untuk mengetahui lingkungan fisik dan fasilitas yang ada di Fakultas Hukum Unpad.

2. Leadership Day:

Pada rangkaian ini, mahasiswa baru akan mendapatkan seminar dan pelatihan tentang kepemimpinan. Kepemimpinan disini tidak hanya tentang bagaimana cara kita bisa memimpin orang lain, melainkan bagaimana kita dapat memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Segala etika dan norma dasar seorang mahasiswa menjadi poin pembahasan penting pada rangkaian ini. Melalui rangkaian ini, diharapkan agar setiap mahasiswa baru nantinya punya prinsip dasar dalam kehidupan berkuliah baik untuk di lingkungan kampus maupun dunia luar. 

3. Organization Day:

FH Unpad memiliki berbagai organisasi mahasiswa. Mulai dari lembaga, Unit Kegiatan Mahasiswa, maupun Himpunan Mahasiswa. Setiap organisasi tersebut memiliki fokus yang berbeda-beda dan punya nilai yang berbeda. Untuk mengetahui setiap organisasi tersebut, hadirlah rangkaian ini. Pada rangkaian ini, setiap mahasiswa baru akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal setiap organisasi mahasiswa FH Unpad baik secara organisasi, orang, maupun tujuan.

4. Career Day:

Selain mengetahui apa saja hal-hal yang dapat dikenalkan di dalam kampus, mahasiswa baru perlu juga mengetahui visi mereka ke depan setelah menjadi sarjana nanti akan menjadi seperti apa. Rangkaian ini hadir untuk memberikan gambaran bahwa pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan seorang sarjana hukum. Menariknya, sarjana hukum tidak hanya berputar diantara jaksa, pengacara, atau hakim. Akan tetapi, terdapat berbagai pekerjaan yang dapat dilakukan seorang sarjana hukum. Melalui rangkaian ini, mahasiswa baru diharapkan agar terbuka matanya terhadap prospek pekerjaan apa saja yang mereka dapat lakukan.

5. Musyawarah Besar Pemilihan Ketua Angkatan (MBPKA Day)

Di FH Unpad, setiap angkatan memiliki sosok yang menjadi orang yang mengkoordinasi dan menjadi perwakilan di angkatannya apabila angkatan tersebut membutuhkan suatu hal yang perlu diadvokasikan. Sosok ini adalah Ketua Angkatan. Rangkaian ini merupakan wadah bagi mahasiswa baru untuk dapat bermusyawarah untuk menentukan sekiranya siapa orang yang paling tepat untuk menjadi ketua angkatan.

6. Graduation Day

Setelah proses panjang yang dilalui mahasiswa baru FH Unpad selama mengikuti kegiatan Kolaborasi, mereka akan tiba pada rangkaian Graduation Day, atau dapat disebut sebagai hari kelulusan OSPEK. Setiap mahasiswa baru selama Kolaborasi akan dinilai dengan sistem penilaian yang komprehensif disebut “Maba Check Goals”. Pada rangkaian ini, mereka akan diumumkan secara satu per satu terkait kelulusannya. Setiap mahasiswa baru nantinya akan mendapatkan Sertifikat Kelulusan Kolaborasi. Setelah pengumuman tersebut, akan ada acara penutupan sebagai bentuk pemberian dari Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad (KMFH) karena telah bersama menjalani perjalanan panjang selama orientasi di FH Unpad.

Padjadjaran Law Career Days

Padjadjaran Law Career Days (PLCD) setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan yang mewadahi Mahasiswa Fakultas Hukum untuk lebih mengenal dan mendapat pembekalan menuju dunia karir melalui program kerja PLCD 2024 akan bekerja sama dengan berbagai instansi perusahaan maupun law firm yang nantinya dapat mengenalkan kepada peserta mengenai variasi pekerjaan di bidang hukum dan informasi-informasi mengenai persiapannya juga informasi mengenai lowongan pekerjaan dan magang. Tahun ini, PLCD mengusung tema besar “Navigating Diverse Law Career Paths”

Adapun rangkaian dari PLCD 2024 antara lain:

  • Opening Ceremony & Job Preparation

Opening Ceremony hadir sebagai agenda pembuka rangkaian acara PLCD 2024 untuk memperkenalkan PLCD kepada masyarakat umum, khususnya KMFH. Dilanjut dengan pemaparan materi mengenai CV dan Interview. Best participant akan mendapatkan rewards berupa private session dengan HR.

  • Class in Law Firm

Untuk memenuhi antusiasme Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (selanjutnya disebut sebagai “KMFH”) terhadap acara kunjungan secara langsung ke Law Firm. Terlihat tingginya minat KMFH dengan PK Ekonomi yang juga tertarik untuk mendalami lebih lanjut practical skills untuk bekerja sebagai corporate lawyer. Untuk mengakomodir hal tersebut, PLCD Class in Law Firm menjadi wadah bagi KMFH untuk mempelajari secara langsung keahlian praktis oleh ahlinya. Kegiatan ini akan berbentuk kelas yang diadakan secara langsung di salah satu law firm ternama di Indonesia. Dengan mengusung tema mengenai hukum ekonomi yang sedang hangat dibahas saat ini.

  • Closing Ceremony & Law Career Expo

Kegiatan ini berupa live company presentation oleh berbagai law firm, company kemitraan FH Unpad dan juga profesi-profesi hukum lainnya (yang selanjutnya disebut sebagai “Mitra Sponsor”) di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Dimana Mitra Sponsor akan mengisi kelas di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, yang untuk satu kelasnya akan berisikan satu Mitra Sponsor. Mahasiswa dengan itu dapat melakukan visitasi kepada kelas-kelas tersebut dan mendapatkan insight atau gambaran mengenai karir hukum kedepannya. Rangkaian acara Law Career Expo tahun ini akan mengusung tema “The Future is Yours: Explore Career Opportunities and Associate with Professionals”. Melalui rangkaian kegiatan ini para mahasiswa diharapkan akan mulai memiliki gambaran mengenai prospek karir dan mempersiapkan diri menuju dunia karir secara nyata. Law Career Expo diadakan dalam satu hari dengan mata rangkaian acara Closing Ceremony, Intimate Live Presentation, Career Exploration, Walk-In Interview.

DOKUMENTASI:

Padjadjaran Lawlympic

Padjajaran Lawlympic merupalkan salah satu mega proker BEM FH Unpad Yang berbentuk kompetisi antar sesama fakultas Hukum di Indonesia Padjajaran Lawlympic di adakan dengan tujuan untuk mewadahi bakat dan minat KMFH di bidang olahraga serta menjalin hubungan baik antara mahasiswa hukum seluruh Indonesia

DOKUMENTASI

Gebyar FH Unpad

Dalam rangka merayakan ulang tahun Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Departemen Hubungan Internal di bawah naungan Bidang Hubungan Antar Lembaga Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Kabinet Kriya Abyakta memiliki program kerja bernama Gebyar FH Unpad. Gebyar FH Unpad pada tahun ini diadakan untuk merayakan ulang tahun Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang ke-67. Kami berharap silaturahmi antara seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, dan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dapat terjalin dengan baik.

Dalam kegiatan Gebyar FH Unpad ke-67 terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni:

Connection and Exercise Day (Con-Ex Day)

Merupakan rangkaian pre-event dari peringatan hari jadi berdirinya Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Terdapat 3 mata acara dalam rangkaian Con-Ex Day Gebyar FH Unpad ke-67 tahun ini, yaitu pertandingan futsal antara civitas akademika dengan KMFH dan lomba dekorasi tumpeng.  

  • Mata acara pembuka yang juga merupakan rangkaian pertama dari Con-Ex Day adalah pertandingan futsal antara civitas dengan KMFH. Dalam kegiatan pertama ini Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran akan dibentuk menjadi tim dan melakukan pertandingan futsal.  
  • ‘Lomba dekorasi tumpeng’ merupakan mata acara terakhir dari rangkaian Con-Ex Day Gebyar FH Unpad ke-67. Melalui kegiatan ini Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran akan diberikan waktu untuk Lomba dekorasi tumpeng yang diselingi pula dengan  jamming session

Melalui ketiga mata acara yang diikuti oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum bersama civitas akademika diharapkan dapat tercipta rasa solidaritas, keakraban, dan kekeluargaan dalam lingkungan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Main Event

Lawfavela

Merupakan salah satu program kerja dari Departemen Seni Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum yang diselenggarakan khusus untuk Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Konsep acara ini berbentuk seperti pasar malam yang berisikan tenant-tenant games dan berbagai stand makanan. Terdapat 5 tenant games, yaitu glass pong, tin can alley, ring toss, dart, dan ramalan. Lawfavela hadir dengan tujuan untuk menghibur Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran untuk merasakan keseruan Gebyar FH Unpad ke-67. 

Art Exhibition 

Merupakan salah satu kegiatan dari Main Event Gebyar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran berupa pameran seni yang bertujuan untuk memamerkan karya seni dari Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dengan konsep pameran dan interaktif graphic design. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum akan mendapatkan pengalaman menarik dalam menikmati karya seni dengan cara berbeda.

Main Stage 

Main stage akan dimulai dengan beberapa sambutan-sambutan, mulai dari Project Officer Gebyar FH Unpad ke-67, Ketua BEM FH Unpad, Dekan FH Unpad hingga perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Selain itu dalam Main Stage Gebyar FH Unpad ke-67 ini akan ada penayangan video UKMF/Lembaga dan beberapa penampilan  perwakilan Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum serta civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, antara lain:

  • Penampilan Modern Dance
  • Penampilan Drama Musikal; dan
  • Penampilan Band.

Penampilan-penampilan dari Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum ini merupakan bagian dari Puncak Acara Gebyar FH Unpad ke-67 yang kemudian akan ditutup dengan penampilan spesial. Rangkaian penampilan melalui kegiatan ini bertujuan agar seluruh lingkungan Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dapat merasakan kemeriahan  dalam merayakan ulang tahun FH Unpad. 

Malam Apresiasi Hukum (Mapreskum)

Malam Apresiasi Hukum merupakan rangkaian terakhir dari Gebyar FH Unpad ke-67. Dalam rangka memeriahkan closing ceremony Gebyar FH Unpad ke-67, akan ada mata acara tarian daerah yang dihadirkan yang dipersembahkan oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum. Malam Apresiasi Hukum akan dihadiri oleh para perwakilan dari program kerja yang telah diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik antar lembaga dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran dan mengapresiasi atas seluruh pencapaian Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum dan program kerja yang telah diselenggarakan selama dua termin



Konferensi Mahasiswa Hukum Nasional

Konferensi Mahasiswa Hukum Nasional (KMHN) merupakan sebuah konferensi berskala nasional yang digelar oleh BEM Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, tepatnya Departemen Kajian Strategis, Bidang Dinamisasi Kampus. KMHN hadir sejak tahun 2019, yang artinya tahun ini akan menjadi tahun ke-6 dari eksistensi KMHN. Hadir sebagai ajang untuk berdialektika antarmahasiswa hukum seluruh Indonesia, KMHN diharapkan dapat memberikan kontribusi pada masyarakat dan dunia hukum itu sendiri. Pada tahun ini, KMHN 2024 akan mengeluarkan sebuah Policy Brief yang nantinya akan diaudiensikan dengan stakeholder terkait.

DOKUMENTASI

Fakultas Hukum Unpad Mengabdi

FHUM adalah suatu program pengabdian yang memberikan manfaat berkelanjutan dalam jangka panjang yang bertujuan untuk membangun dan turut serta dalam proses perkembangan sebuah desa dengan berbagai program seperti penyuluhan pendidikan dan juga bantuan pembangunan sesuai kebutuhan desa. Selain itu, FHUM juga sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan tinggi, yakni pengabdian agar dapat berkembang dan berdikari untuk memberikan dampak positif guna meningkatkan taraf kesejahteraan sekaligus menjadi suatu wadah bagi para mahasiswa untuk menunjukkan kepeduliannya.

Permasalahan Desa yang menjadi urgensi FHUM 

  • Kondisi Administrasi : Kondisi Administrasi Desa Mekarwangi sudah berjalan baik. Namun, perlu adanya optimalisasi mengenai pemerataan kebutuhan administrasi kepada warga desa agar mereka tidak kesulitan dalam mengurus administrasi yang mereka perlukan, seperti contoh E-KTP, BPJS, dan SIM.
  • Kondisi Lingkungan : Kondisi Lingkungan Desa Mekarwangi memerlukan optimalisasi dari beberapa aspek karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai. Hal ini tentunya membuat air sungai tercemar dan berpotensi menjadi sarang penyakit bagi warga desa. 
  • Kondisi Pendidikan : mengenai beberapa jumlah warga desa yang bersekolah (sesuai dengan umurnya) harus disesuaikan dengan data yang ada. Pendidikan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam sebuah pembangunan masyarakat. Maka dari itu, sosialisasi dan diskusi bersama warga desa merupakan suatu hal yang perlu dilakukan. 

5 PILAR FHUM : 

  • Pendidikan
  • Pembangunan
  • Kekeluargaan 
  • Pemberdayaan 
  • Kesehatan

Rencana Program-program FHUM 2024

  • Advokasi E-KTP

Banyak warga Desa Mekarwangi yang masih mempunyai permasalahan di E-KTP, diakibatkan oleh jarak dan aksesibilitas dari desa ke kecamatan bisa dikatakan memerlukan biaya serta adanya pungutan liar (pungli) dari disdukcapil. Maka dari itu, FHUM 2024 akan melakukan advokasi E-KTP dengan cara membuat policy brief dan mengadakan audiensi dengan kecamatan dan disdukcapil. 

  • Advokasi sampah

Mengadakan advokasi sampah karena adanya sekitar 200 Kartu Keluarga (KK) yang memerlukan penyelesaian terhadap masalah sampah secepatnya. Permasalahan yang dihadapi oleh para warga Desa Mekarwangi adalah belum adanya pengolahan sampah yang jelas, pemerintah belum ada andil dalam pembuangan sampah ke TPA, serta minimnya tempat sampah di setiap RW. 

  • Revitalisasi MCK

Kurangnya MCK yang memadai merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh warga Desa Mekarwangi. Sekitar 40 orang, setiap harinya mandi di tempat yang kurang layak bahkan tidak layak. FHUM akan melakukan revitalisasi MCK ini dengan mengadakan kolaborasi antar divisi dari panitia FHUM 2024 dan juga bantuan dari warga setempat. 

  • PBH

Banyak warga Desa Mekarwangi yang masih kurang menyadari akan pentingnya hukum. Dengan melakukan PBH, kami dapat memberikan solusi seputar hukum sesuai keluhan dari para masyarakat. Semua pertanyaan-pertanyaan akan direkam dalam satu logbook dan terdapat jawaban solusi berupa langkah-langkah yang dapat dijalankan oleh masyarakat. Sistem dari PBH ini akan dibuat secara menarik berbentuk diskusi informal. 

  • Sosialisasi

Sosialisasi ini akan membawakan 4 tema besar, yaitu kesadaran hukum, emansipasi wanita, pentingnya pendidikan lanjut, dan promo program FHUM. Karena banyak masyarakat di desa sangat kurang menyadari akan pentingnya hukum, pemberdayaan wanita, serta pendidikan lanjut. 

DOKUMENTASI